Minggu, 09 Oktober 2011

9 Oktober 2011

KNPI Lantik Perwakilan di Malaysia
9 Oktober 2011-
Minggu, 9 Oktober 2011 merupakan hari yang bersejarah bagi pemuda Indonesia di Malaysia. Hari ini merupakan hari dilantiknya Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (BP KNPI) di Malaysia. Ini merupakan BP KNPI pertama di luar negeri Seramai 12 orang pengurus dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. Dalam sambutannya, Minester Counsellor Pensosbud KBRI Kuala
Lumpur, Bapak Suryana Sastradiredja mengatakan BP KNPI merupakan diplomat trek
 kedua (second track diplomacy). Diharapkan kedepan BP KNPI dapat berperan membantu kerja-kerja kedutaan yang tidak akan mungkin akan ditangani sendiri oleh kedutaan menghadapi lebih dari 2 juta orang Indonesia di Malaysia. Angka tersebut, tambahnya, sudah seperti sebuah provinsi kalau diibaratkan di Indonesia. Sebuah provinsi saja punya kelengkapan administratif yang cukup kompleks mulai dari gubernur hingga ketua RT. Ahmad Doli Kurnia menambahkan dalam sambutannya KNPI didirikan untuk menaungi kelompok-kelompok pemuda yang ada di Indonesia. Sudah saatnya BP KNPI bergerak menyatukan potensi-potensi pemuda Indonesia di Malaysia yang didominasi oleh pekerja dan pelajar. Saatnya dijalin komunikasi yang intensif kepada kelompok-kelompok tersebut. Harapannya keberadaan BP KNPI Malaysia tidak hanya sebatas pelantikan ini saja.Seramai hampir 100 orang datang memenuhi acara tersebut seperti dari PERMAI (Perhimpunan Masyarakat Indonesia), PPIM (Persatuan Pelajar Indonesia di Malaysia), GARANSI (Gerakan Aman Adil  Sejahtera Untuk Indonesia), PCINU (Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama), PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) perwakilan parpol dan paguyuban pemuda lainnya. BP KNPI Malaysia di Ketuai oleh DR. Sagir Alva, Sekretaris Tengku Adnan dan Bendahara Rida Kemala ditambah dengan delapan orang pengurus departemen seperti pemuda dan olahraga, pengembangan, advokasi dan lain-lain. Semoga kehadiran BP KNPI di Malaysia memberi manfaat banyak bagi masyarakat Indonesia di Malaysia khususnya pemuda.Ini merupakan potensi besar yang perlu diberdayakan untuk memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia kedepan. BK-KNPI Malaysia sebagai golongan pemuda dan kaum intelektual memiliki tugas untuk bersama membangun bangsa Indonesia, baik secara nasional maupun internasional. Untuk mengimplementasikan hal itu, maka yang perlu dilakukan oleh BP-KNPI Malaysia sebagai mitra Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kuala Lumpur adalah:
1. Memaksimalkan peran dan fungsi pemuda Indonesia sebagai duta bangsa.
2. Menumbuhkan nasionalisme sebagai warga Negara Indonesia dimanapun berada.
3. Memperluas bentuk-bentuk kerjasama yang dapat meningkatkan potensi serta peran pemuda Indonesia di Malaysia serta di luar negeri.
Akhir kata, BP-KNPI Malaysia mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia di Malaysia untuk senantiasa menjadi duta Bangsa Indonesia dan terus mengukir prestasi sehingga masyarakat Indonesia lebih disegani di kancah Internasional. Sekali lagi BP-KNPI Malaysia mengajak saudara-saudara pemuda Indonesia di Malaysia untuk terus bergandengan tangan dan mempererat rasa nasinalisme.

PENGURUS BP KNPI MALAYSIA 2011 - 2014

Ketua : DR. Sagir Alva, M.Sc.
Wakil Ketua : Zulham Effendi, ST.

Sekretaris : Tengku Adnan
Wakil Sekretaris :  Marlin Ramdhan Baidillah, S.Si.

Bendahara : Rida Kemala, MA.
Wakil Bendahara : Rifina Arlin, S.Si, M.Sc.

Ketua-ketua Bidang:
Bidang Advokasi & Tenaga Kerja : Muslihun M. Nasir, MS.
Bidang Hubungan antar Lembaga : Astuti Agustina Asbudin, SE, MBA
Bidang Olah Raga & Kepemudaan : Danil Junaidy Daulay
Bidang Keorganisasian : Dian Syahputra
Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya : Erlinda Fitriawati, MA.
Bidang Pemberayaan Wanita : Bunga Raya Ketaren, SP.
http://luar-negeri.kompasiana.com/2011/10/13/knpi-lantik-perwakilan-di-malaysia/
========================================
KNPI hadiri forum pemuda sedunia
5 Oktober 2011-

Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ahmad Doli Kurnia.
-----------------
(ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menjadi wakil Indonesia dalam Rapat Tahunan Pemuda Dunia atau Annual Meeting of World Assembly of Youth (WAY) bersama wakil pemuda dari 120 negara yang berlangsung di Sudan, Afrika, pada 1-5 Oktober 2011. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP KNPI Mustafa Raja dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, mengatakan, KNPI dalam forum pemuda sedunia itu diwakili Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia yang telah menyampaikan sejumlah agenda dan isu dalam pertemuan ini. Dia menjelaskan, sejumlah agenda dan isu yang dibahas dalam forum ini di antaranya terbentuknya forum pemuda internasional untuk perubahan iklim sebagai hasil resolusi dari pertemuan sebelumnya. Dalam forum pemuda sedunia ini, kata Mustafa, akan melaksanakan program-program lingkungan hidup dan perubahan iklim. Selain itu, kata Mustafa, acara tersebut juga membahas rencana pertemuan tahunan forum ke-2 pada 2013 di Sudan atau Swiss. Menurut dia, Ahmad Doli yang juga wakil presiden World Assembly of Youth menyampaikan usul pembentukan jaringan forum pemuda untuk perubahan iklim di setiap negara dalam forum ini. "Dalam forum ini dirumuskan kebijakan dan program tentang rencana-rencana aksi dari masalah-masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim secara international, regional dan nasional," katanya. Indonesia, kata Mustafa, diharapkan bisa menjadi sentral kegiatan menggerakkan program-program aksi lingkungan hidup dan perubahan iklim bagi generasi muda di dalam negeri. Selain itu, Mustafa mengatakan, KNPI berbicara tentang isu dan program lingkungan hidup dan perubahan iklim bagi pemuda, baik di forum internasional, regional dan nasional agar forum IYMCC dan KNPI bisa ikut serta di pertemuan negara-negara di dunia, seperti Konferensi Perubahan Iklim ke-18 pada Desember 2011 di Durban. Seperti diberitakan, keterlibatan KNPI dalam forum pemuda sedunia untuk perubahan iklim berawal dari Kongres Pemuda Dunia ke-15 pada November 2010 di Malaysia. Dalam kongres itu, Ahmad Doli terpilih sebagai wakil presiden forum dan memimpin forum untuk kawasan negara-negara kawasan Asia Pasifik. Dalam kongres tersebut, lima program pembahasan terbagi di antaranya politik dan demokrasi, perdamaian, HIV/AIDS, narkotika dan ekonomi. KNPI bertanggung jawab dalam program lingkungan hidup dan perubahan iklim. (*) Editor: Ruslan Burhani. http://www.antaranews.com/berita/278417/knpi-hadiri-forum-pemuda-sedunia