Minggu, 30 Oktober 2011

30 Oktober 2011

KNPI diharapkan persatukan pemuda Indonesia
30 Oktober 2011-
Ketua Umum DPP KNPI Taufan Rotorasiko
------------------
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Komte Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Rotorasiko diharapkan mampu menaungi pemuda Indonesia. Sekarang momentum KNPI ke arah yang lebih baik, independen, tidak terjebak dalam kepentingan politik praktis. TEN--sapaan akrab Taufan Rotorasiko---diminta membuktikan itu dalam kepemimpinannya. Hal itu dikemukakan pengamat politik UGM Yogyakarta Arie Sudjito kepada wartawan menyoroti terpilihnya TEN sebagai Ketua Umum KNPI (2011-2014), Minggu.
Menurut dia,  adanya kubu-kubu yang menolak terpilihnya TEN adalah hal biasa dalam proses demokrasi. Karena hampir disetiap kongres parpol atau OKP terjadi perselisihan. Untuk itu, menjadi tantangan bagi TEN menampung kepentingan seluruh kelompok untuk menyatukan dan memajukan KNPI.''Soal protes dari sebagian OKP yang tidak puas
terhadap terpilihnya TEN adalah wajar. Itu hanya riak-riak kecil demokrasi yang justru akan menguatkan KNPI. Karenanya, TEN harus mampu menggaransi kepemimpinannya sebagai pembaruan di tubuh KNPI,'' ujar Arie.Langka selanjutnya  adalah TEN cukup membuat kontrak baru kapada OKP, bahwa yang bersangkutan menjamin KNPI tetap independen dan menjangkau seluruh kepentingan pemuda Indonesia. Namun, Arie menilai apa yang digugat OKP Pemuda Katolik yang dimotori Natalis Situmorang, Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam, Rahmat Kardie, Ketua Umum PB HMI, Fajri  dan Bernard utusan dari GMNI tidak akan mendapat dukungan kuat OKP-OKP lainnya."OKP yang tidak setuju sebenarnya harus memberikan kesempatan kepada TEN. Apakah KNPI mampu mereformasi dirinya di bawah kepemimpinan TEN? Itu yg harus dan perlu ditunggu. Inilah momentum yang paling tepat untuk itu,'' tegasnya.Arie menambahkan, kemenangan TEN sudah memenuhi persyaratan dengan dukungan 4 OKP + 1 DPD maka sah sebagai calon, selanjutnya untuk menjadi Ketum harus memenuhi 20 persen suara sesuai AD/ART KNPI. Jika hanya ada 1 calon yg memenuhi kuota 20 persen maka otomatis langsung ditetapkan sebagai calon tunggal, namun jika ada beberapa calon yg memenuhi kuota 20 persen maka diadakan pemilihan sampai menghasilkan ketum terpilih dengan dukungan 50 persen + 1 suara.Sebelumnya, Taufan E.N. Rotorasiko yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2011-2014 mengatakan, pemuda Indonesia telah berhasil bersatu kembali dalam satu wadah organisasi kepemudaan.Menurut dia, kongres KNPI berjalan dengan lancar kendati sempat terjadi ketegangan di akhir pemungutan suara. "Tidak ada kericuhan dan 'deadlock' dalam kongres. Semua itu bagian dari proses demokrasi. Saya juga berterimakasih atas kerja keras Kementerian Pemuda dan Olahraga yang sukses menyelenggarakan kongres KNPI kali ini," katanya.Ten meminta generasi muda untuk tidak mudah tercerai berai dalam politik pecah belah. Pemuda sebagai calon pemimpin bangsa harus solid dan memiliki komitmen kuat dalam memajukan daerahnya masing-masing.(*)
Editor: Ruslan Burhani
======================================
Kemenpora Sambut Positif Hasil Kongres KNPI
28 Oktober 2011

Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Alfitra Salamm bersama Ketua Umum KNPI periode 2011-2014, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko, hari Jumat (28/10) pagi di Hotel Sahid Jaya. (foto: deya/kemenpora.go.id)
---------------------
Jakarta: Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, Alfitra Salamm menyambut positif  terpilihnya Taufan Eko Nugroho Rotorasiko menjadi Ketua Umum DPP KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) periode 2011-2014, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko. Taufan berhasil mengungguli kandidat lain dengan perolehan angka 68 suara. Alfitra yang diminta Menpora untuk mengawal terus kongres KNPI  merasa  senang pada proses yang  bisa berjalan dengan sukses dan menghasilkan ketua umum baru.  "Saya merasa gembira karena tugas yang sangat berat menyatukan KNPI akhirnya berhasil. Ini menjadi hadiah terbaik bagi pemuda Indonesia yang hari ini sedang memperingati Hari  Sumpah Pemuda. Saya berharap Taufan sebagai ketua umum yang baru bisa menjaga keutuhan pemuda Indonesia dan mampu melakukan reformasi di tubuh KNPI. Dan saya berharap ketua yang baru bisa terus menjalin kerjasama dengan Kemenpora," kata Alfitra.  Sesaat terpilih menjadi Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2011-2014, Taufan langsung menghadiri peringatan Sumpah Pemuda ke-83 di Bandung, Jawa Barat. Puncak peringatan Sumpah Pemuda di Bandung itu juga dihadiri Wakil Presiden Boediono dan beberapa menteri termasuk Menpora Andi Mallarangeng. Taufan, yang baru terpilih menjadi Ketua Umum KNPI belum memutuskan susunan pengurus yang baru, namun secara otomatis Taufan akan  menjabat sebagai Ketua Formatur. Selanjutnya, Ketua Formatur akan membentuk struktur personalia DPP KNPI 2011-2014. (amr). http://kemenpora.go.id/index/preview/berita/4798/2011-10
=======================================
Taufan Rotorasiko:
KNPI bersatu di Hari Sumpah Pemuda
28 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) - Taufan E.N. Rotorasiko yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2011-2014 mengatakan, pemuda Indonesia telah berhasil bersatu kembali dalam satu wadah organisasi kepemudaan."Alhamdulillah, pemuda Indonesia kembali bersatu dalam wadah organisasi kepemudaan bernama KNPI di hari Sumpah Pemuda," kata Taufan kepada pers di Jakarta, Jumat.Menurut dia, kongres KNPI berjalan dengan lancar kendati sempat terjadi ketegangan di akhir pemungutan suara. "Tidak ada kericuhan dan 'deadlock' dalam kongres. Semua itu bagian dari proses demokrasi. Saya juga berterimakasih atas kerja keras Kementerian Pemuda dan Olahraga yang sukses menyelenggarakan kongres KNPI kali ini," katanya. Lebih lanjut Taufan yang akrab dipanggil Ten menjelaskan, para mantan Ketua Umum KNPI yaitu Ahmad Doli Kurnia dan Azis Syamsuddin telah legowo melepas jabatannya. Ten juga mengapresiasi niat baik Doli dan Azis dalam menyelenggarakan kongres bersama demi persatuan pemuda Indonesia. Ten meminta generasi muda untuk tidak mudah tercerai berai dalam politik pecah belah. Pemuda sebagai calon pemimpin bangsa harus solid dan memiliki komitmen kuat dalam memajukan daerahnya masing-masing. "Kami akan segera membentuk kabinet yang berasal yang merangkul semua unsur kepemudaan. Targetnya satu bulan karena bulan depan pengurus baru akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendapatkan masukan dan pemikiran beliau tentang KNPI," ujarnya. Terkait janji Taufan yang hanya akan memimpin satu periode, dia mengatakan tiga tahun waktu yang cukup untuk mempersiapkan kepemimpinan pemuda menuju kepemimpinan nasional. "Tiga tahun sudah cukup untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa yang baru dan lebih baik dari saya," katanya. (*)
Editor: Ruslan Burhani
=========================================
Taufan dapat dukungan kuat calon Ketum KNPI
27 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) -  Kandidat calon kuat Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) semakin mengerucut. Dari sejumlah kandidat yang tampil, terdapat dua kandidat yang cukup diunggulkan yakni Ahmad Doli Kurnia dan Taufan Eko Nugroho Rotorasiko yang akrab disapa TEN. Namun, dari kedua nama tersebut, TEN mempunyai nilai tambah sehingga sangat berpeluang menduduki kursi KNPI 1. Menurut Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) Patriot Bela Bangsa, Ali Akbar, masing-masing kandidat saat ini memang mempunyai peluang yang sama kuat. Akan tetapi, jika dilihat dari program kerjanya, TEN yang saat ini dipercaya menjadi Ketua Umum Karang Taruna Indonesia, merupakan kandidat yang cukup mampu merepresentasikan kemajemukan Indonesia."Kalau dilihat dari program kerjanya, Taufan (TEN) mempunyai peluang besar, sebab, KNPI itu kan harus bisa menyatukan pemuda dari Sabang sampai Merauke," kata Ali kepada pers di Jakarta, Kamis. Ali mengatakan, sebagai organisasi pemuda, KNPI memang membutuhkan figur yang siap menyatukan seluruh sumber daya dan kekuatan kepemudaan Indonesia. Ketua Umum KNPI nantinya juga harus mampu mempertahankan jatidirinya, termasuk dari kepentingan partai politik apapun. "KNPI itu ibarat pelangi, yang semua warna ada. Sehingga KNPI 1 memang harus mampu merangkul semua keberagaman yang ada, tetapi tidak boleh terjebak dalam kepentingan tertentu," katanya.Sebelumnya, Sekjen Generasi Muda Warga Jaya Indonesia, Chaerul Razak, menilai ada beberapa syarat yang dibutuhkan untuk menjadi calon Ketua Umum KNPI. Salah satunya adalah kemandirian yang didukung dengan jaringan organisasi hingga ke pedesaan. Menurut Chaerul, hajat Kongres KNPI adalah momentum untuk mengembalikan organisasi ini sebagai garda depan bagi pemuda Indonesia. Saat ini agenda utamanya ialah menghilangkan kepemimpinan di tubuh KNPI.Untuk itu, langkah yang harus ditempuh Ketua Umum KNPI terpilih adalah memberdayakan organisasi kepemudaan di daerah dengan kemandirian sehingga organisasi di daerah dapat mejadi motor pergerakan pemuda."Salah satunya mengoptimalkan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada masyarakat pedesaan. Nah, peran organisasi kepemudaan di daerah harus dapat diaktif untuk mewujudkan kemandirin," ujar Chaerul.Ketum KNPI yang baru, ujar dia, harus dapat membawa organisasi kepemudaan sebagai wadah untuk mendidik pemuda menjadi entrepreneur yang mampu membuat jaringan kuat tanpa harus menempuh jalur pendidikan formal.(*)
Editor: Ruslan Burhani
=========================================
KNPI harus menjadi pemersatu kaum muda
27 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News)  – Tokoh Pemuda Indonesia Timur, Jhonny Ballo mengatakan, organisasi kepemudaan harus dipimpin oleh tokoh muda yang mampu mempersatukan berbagai elemen bangsa. Tokoh itu harus bisa menjadi perekat dan pemersatu kaum muda.."Konflik dan dualisme kepemimpinan hanya akan melemahkan kekuatan kaum muda dalam membangun bangsa. KNPI sebagai wadah berhimpun kaum muda butuh rekonsiliator yang mampu meredam konflik substansial," kata Jhonny yang ditemui wartawan di sela-sela kongres KNPI di  Jakarta, Kamis. Tak hanya itu. Menurut Jhonny, calon pemimpin induk organisasi kepemudaan harus mempunyai akses luas di semua bidang, mulai dari dunia usaha hingga ke petinggi pemerintahan, sehingga kesempatan kaum muda untuk berperan dalam pembangunan dapat bertambah besar. "KNPI mesti dipimpin anak muda yang tidak terlibat konflik di organisasi manapun, berpengalaman memimpin organisasi kepemudaan tingkat nasional, bersahabat, dan punya akses luas di berbagai bidang seperti dunia usaha dan pemerintahan," ujarnya. Wakil Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Agus Muldya Natakusumah menilai, perwujudan keadilan dan kesejahteraan akan berhasil apabila calon pemimpin masa depan mampu bersatu untuk kemajuan bangsa."Figur yang tepat menjadi pemimpin kaum muda yang berpengalaman di bidang kepemudaan, mampu merekatkan indikasi keretakan pemuda, dan memiliki jaringan yang luas hingga ke pedesaan," ujarnya. Jika figur tersebut memimpin KNPI, kata Agus lagi, induk organisasi pemuda akan menorehkan sejarah baru. "Semua itu tergantung pilihan kaum muda pada Kongres nanti," katanya. Sementara itu, kandidat Ketua Umum KNPI Taufan E.N Rotorasiko mengatakan, KNPI merupakan wadah yang strategis untuk melakukan perubahan demi kemajuan bangsa. Pencapaian tujuan pembangunan nasional akan bisa terwujud jika kaum muda bersatu memimpin bangsa."Anak muda sebagai agen perubahan mempunyai potensi yang besar memajukan bangsa. Dengan persatuan dan kesatuan, semua itu dapat terjadi," kata Taufan yang juga Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna. (*)
Editor: Ruslan Burhani
=======================================
Calon Ketum KNPI harus miliki kemandirian hingga ke daerah
27 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) - Sekjen Generasi Muda Warga Jaya Indonesia, Chaerul Razak menilai ada beberapa syarat yang dibutuhkan untuk menjadi calon ketua Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Kemandirian yang didukung dengan jaringan organisasi hingga ke daerah menjadi poin penting untuk memajukan dan menyatukan KNPI.Menurutnya, hajat Kongres KNPI digelar di Hotel Sahid, Jakarta, hingga Jumat (28/10), adalah momentum untuk mengembalikan KNPI sebagai garda depan bagi pemuda Indonesia. Saat ini agenda utama yang perlu segera diperbaiki dari organisasi kepemudaan menghilangkan dualisme yang terjadi di dalam tubuh KNPI.Untuk itu, katanya, langkah yang harus ditempuh ketua umum KNPI terpilih adalah memberdayakan organisasi kepemudaan di daerah dengan kemandirian.  Dengan begitu, organisasi di daerah dapat menjadi motor pergerakan pemuda."Salah satunya mengoptimalkan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada masyarakat pedesaan. Nah, peran organisasi kepemudaan di daerah harus dapat diaktif untuk mewujudkan kemandirin,’" ujar Chaerul kepada pers, Kamis.Untuk itu, menurutnya, ketum KNPI terpilih harus dapat membawa organisasi kepemudaan sebagai wadah para pemuda untuk mendidik dirinya belajar menjadi entrepreneur hingga membuat jaringan yang kuat tanpa harus menempuh jalur pendidikan formal. Selain itu dapat melakukan pendekatan fungsional.Selain itu, banyak calon ketum yang beredar di bursa pemilihan tidak memiliki kemandirian dalam berorganisasi dan minim di tingkat akademisi. Tanpa kemandirian dari figur ketua, KNPI akan kembali terjebak dalam paradigma politik praktis."Figur yang memiliki kemandirian, jaringan hingga ke daerah dan berjiwa entrepreneur yang paling tepat memimpin KNPI,’’ katanya.Sementara Taufan E.N. Rotorasiko, calon ketum KNPI, yang juga Ketua Umum Karang Taruna, dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Sehat (GPSehat), bertekad untuk kembali mempersatukan KNPI. Selain bertekad memberdayakan kepemimpinan pemuda di daerah, Taufan juga siap membangun komunikasi yang harmonis antar organisasi kepemudaan.
"Saya terpanggil untuk terjun di KNPI bukan untuk mencari jabatan. Saya ingin teman-teman bersatu. Banyak hal yang bisa dilakukan kalau kita bersatu," kata Taufan, yang juga Presiden Direktur PT Bakrie Communication itu.Ketua Umum Karang Taruna Seluruh Indonesia ini juga meminta semua kandidat untuk tidak melakukan kampanye hitam. Taufan pun berharap Kongres KNPI ini tidak melahirkan perpecahan baru."Mari kita bersatu dan bersikap jernih. Saya ingin merubah citra pemuda sekarang ini," demikian Taufan. (*)
Editor: Ruslan Burhani
=========================================
Marzuki Alie Prihatin Politik Uang di Kongres KNPI
27 Oktober 2011-
JAKARTA - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengaku prihatin dengan adanya praktik politik uang dalam Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) III yang sedang berlangsung di Jakarta. Menurut Marzuki, idealisme di kalangan pemuda pun sudah luntur. Hal itu diungkapkan Marzuki saat tampil sebagai pembicara diskusi bertema "Presiden Muda atau Jadul" di pressroom DPR RI, Kamis (27/10). Marzuki mengatakan, dirinya sebenarnya banyak berharap pada kiprah pada pemuda saat ini. Karenanya Marzuki mencoba membangun idealisme dalam bursa calon ketua umum KNPI.Sayangnya, politik uang ternyata tak bisa dibendung. "Saya berusaha mencoba mengajak membangun idealisme. Tapi itu semua buyar. Tak kuat melawan gerbong uang," ujar Marzuki. Karenanya politisi Partai Demokrat itu mengaku sangat prihatin dengan pemuda saat ini. Pasalnya setiap akan menyelenggaraan kegiatan, orientasinya sudah uang. "Bagaimana mau menyerahkan kepada generasi muda, kalau pemudanya sudah terkontaminasi uang," tudingnya.Meski demikian ia tak mengungkap nama-nama calon ketua umum KNPI yang bermain uang. Yang pasti, tenaga ahli Marzuki Alie di DPR, Nuzron Joher, sempat menjadi salah satu kandidat ketua umum KNPI. Hanya saja Nuzron mental.Kini, nama yang santer disebut sebagai calon kuat ketua umum KNPI adalah Ahmad Doli Kurnia dan Taufan Eko Nugroho Rotorasiko. Ahmad Doli tercatat sebagai Ketua Umum KNPI saat ini. Sedangkan Taufan yang dikenal sebagai menantu Aburizal Bakrie, saat ini duduk sebagai Ketua Umum Karang Taruna.(ara/jpnn). http://www.jpnn.com/read/2011/10/27/106800/Marzuki-Alie-Prihatin-Politik-Uang-di-Kongres-KNPI-
=========================================
Taufan Diunggulkan jadi Ketum KNPI
27 Oktober 2011-
JAKARTA -  Kandidat Ketua Umum Komite Nasioonal Pemuda Indonesia (KNPI) sudah mengerucut. Dari dua nama calon yang beredar untuk memimpin KNPI, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko lebih diunggulkan ketimbang Ahmad Doli Kurnia. Taufan Eko Nugroho Rotorasiko yang akrab disapa TEN dijagokan karena dianggap punya nilai tambah sehingga sangat berpeluang menduduki kursi KNPI-1. Ketua Umum OKP Patriot Bela Bangsa Ali Akbar mengakui, TEN dan Ahmad Doli Kurnia memang mempunyai peluang yang sama kuat. Hanya saja kata dia, jika dilihat dari program kerjanya, TEN yang saat ini dipercaya menjadi Ketua Umum Karang Taruna Indonesia, merupakan kandidat yang cukup mampu merepresentasikan kemajemukan Indonesia. "Dilihat dari program kerjanya, Taufan (TEN) mempunyai peluang besar. Sebab, KNPI itu kan harus bisa menyatukan pemuda dari Sabang sampai Merauke,” kata Ali kepada wartawan di Jakarta, Kamis (27/10). TEN kata Ali memiliki jaringan dan program yang ia miliki mampu menyebar ke seluruh pelosok Nusantara sehingga jika memimpin KNPI, organisasi kepemudaan di daerah dapat diberdayakan sekaligus menjadi motor pergerakan pemuda.Ali menambahkan, sebagai organisasi pemuda, KNPI memang membutuhkan figur yang siap menyatukan seluruh sumber daya dan kekuatan kepemudaan Indonesia. Ketua Umum KNPI nantinya juga harus mampu mempertahankan jati dirinya, termasuk dari kepentingan partai politik apapun. “KNPI itu ibarat pelangi, yang semua warna ada. Sehingga KNPI-1 memang harus mampu merangkul semua keberagaman yang ada, tetapi tidak boleh terjebak dalam kepentingan tertentu,” katanya. Sekjen Generasi Muda Warga Jaya Indonesia, Chaerul Razak juga ikut menjagokan TEN. Kata dia, TEN memiliki syarat yang dibutuhkan untuk menjadi Ketum KNPI. Di antaranya adalah kemandirian yang didukung dengan jaringan organisasi hingga ke pedesaan. (awa/jpnn). http://www.jpnn.com/read/2011/10/27/106821/Taufan-Diunggulkan-jadi-Ketum-KNPI-
=========================================
Survei: Ahmad Doli layak kandidat Ketum KNPI
27 Oktober 2011-
Jakarta  (ANTARA News) - Survei yang dilakukan Pusat Kajian Kepemudaan pada (25/10) menyebutkan, sebanyak 55 persen responden kalangan pemuda dari 104 organisasi kepemudaan (OKP) dan 43 pimpinan  pengurus daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyatakan Ahmad Doli Kurnia masih layak sebagai kandidat Ketua Umum DPP KNPI.Koordinator Pusat Kajian Kepemudaan, Hery Susanto, mengatakan hal itu dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, sambil menambahkan elektabilitas Ahmad Doli dinilai masih kalah bersaing dibanding kandidat lainnya. Survei opini publik terhadap persepsi peserta Kongres Bersama KNPI 2008-2011 terhadap kepemimpinan DPP  KNPI periode 2011-2014 dan KNPI pasa konflik tersebut dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2011 lalu. Survei yang menggunakan metode "purposive sampling" yaitu sampling di lapangan ini mencakup sekitar 147 orang dari 104 OKP dan 43 DPD KNPI se-Indonesia.Dalam survei ditemukan mayoritas peserta Kongres KNPI cukup mengenal kepemimpinan DPP KNPI, baik kepemimpinan hasil Kongres KNPI di Bali 2008, yaitu Azis Syamsuddin sebesar 84 persen, serta kepemimpinan hasil Kongres KNPI di Ancol, yakni  Ahmad Doli Kurnia sebanyak 81 persen. Hery mengatakan, mayoritas peserta kongres sebanyak 87 persen mengetahui Azis Syamsuddin tidak mencalonkan kembali sebagai kandidat Ketua Umum DPP KNPI (2011-2014). Sementara mayoritas peserta sebanyak 75 persen juga mengetahui Ahmad Doli Kurnia mencalonkan kembali sebagai calon Ketua Umum DPP KNPI (2011-2014). Sebanyak 53 persen peserta yakin Kongres Bersama KNPI ini akan menghasilkan kepemimpinan yang lebih baik dibanding pada periode sebelumnya. Sedangkan, yang tidak yakin sebanyak 38 persen, dan sebanyak 9 persen tidak menjawab pertanyaan.Herry menambahkan, hanya 49 persen peserta yang menilai yakin bahwa Kongres Bersama KNPI ini mampu menyelesaikan konflik yang terjadi selama ini, sedang 45 persen peserta menilai tidak yakin, dan 6 persen peserta tidak menjawab pertanyaan.(*) 
Editor: Ruslan Burhani
========================================
Sultan Najamudin calon kuat ketum KNPI
26 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Bengkulu Sultan B Najamudin menjadi calon kuat Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia. Sultan B Najamudin kepada pers di Jakarta, Rabu mengakui, dukungan dari Organisasi Kepemudaan (OKP) dan DPD KNPI terus mengalir. Setidaknya sudah lebih dari 30 OKP dan beberapa DPD KNPI menyatakan dukungan kepada Sultan B Najamudin. Menurut pengurus sejumlah OKP, wajar jika dukungan itu diberikan kepada Sultan B Najamudin mengingat selama ini terjadi dualisme kepemimpinan KNPI, yaitu DPP KNPI versi Ancol yang dipimpin Doly dan DPP KNPI hasil kongres Bali yang dipimpin Aziz Syamsuddin. Akibat konflik berkepanjangan itu, maka beberapa OKP dan DPD KNPI tidak dapat bekerja maksimal. "Kita ingin KNPI solid seperti dulu. Tidak terjadi dualisme sehingga tidak terjadi kevakuman. Karena itu, kita tidak bisa berharap dari pengurus lama. Kita ingin pengurus baru yang bisa mewadahi dan mengayomi anggota," ujar Sultan. Sultan mengklaim Ketua DPD RI Irman Gusman telah menyatakan dukungan kepadanya. Bahkan beberapa anggota DPD RI secara terbuka merekomendasikan nama Sultan kepada pengurus DPD KNPI daerah. Dukungan kepada Sultan B Najamudin sebagai Ketua Umum DPP KNPI periode 2011-2014 ini disampaikan dalam kongres yang digelar 25-28 Oktober. "Kami akan total dukung Sultan, karena dialah figur ideal di antara figur yang ada," ujar Ketua FKPPI Bengkulu, Syarifudin. Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI Laode Ida menyatakan, KNPI ke depan idealnya tidak dipimpin pemuda partisan tapi pemuda militan yang berjuang sepenuhnya untuk kemajuan dan persatuan pemuda. "Calon Ketua KNPI harus terbebas dari pengaruh partai, sehingga tidak terkontaminasi dengan kepentingan satu golongan saja," ujar Laode. Laode mengaku prihatin dengan KNPI belakangan ini yang terus bermasalah dan tidak mencerminkan wadah pemersatu bagi pemuda. Hal itu tidak saja terjadi di tingkat pusat, melainkan, tapi konflik terjadi di beberapa daerah. Sejumlah DPD KNPI mengalami perpecahan dan terjadi dualisme kepemimpinan. Untuk itu, menurut Laode, dibutuhkan pemimpin KNPI yang dapat diandalkan dan mampu mempersatukan wadah kepemudaan yang merupakan representasi wujud sikap kesatuan dan perekat bangsa. "Sebab, rusak pemuda kita kalau KNPI selalu ditarik ke wilayah politik. Sesuai dengan khitahnya, KNPI seharusnya dipimpin oleh tokoh pemuda yang independen. Jadikan KNPI sebagai alat perekat dan pemersatu bangsa. Jangan jadikan KNPI sebagai alat pengkaderan," tegas Laode. Sultan B Najamudin yang juga tercatat sebagai salah satu ketua DPP KNPI, baik versi Ancol maupun versi Bali mengaku siap maju bertarung dalam kongres KNPI ini. Sultan B Najamudin diterima oleh dua kelompok KNPI yang berkonflik selama ini.  Selain tidak mempunyai kepentingan terhadap salah satu partai politik, dia juga dianggap mampu mempersatukan lagi KNPI yang terpecah. Secara pribadi beberapa ketua OKP berharap besar Sultan memimpin KNPI agar tidak terpecah lagi. "Buat saya menjadi Ketua KNPI itu amanah. Kalau nanti terpilih, saya akan mempersatukan KNPI yang terpecah. Saya akan jadikan KNPI sebagai wadah pemersatu bangsa. Bangsa kita akan besar kalau pemudanya kuat dan bersatu," ujarnya.Lahir di Bengkulu, Sultan B Najamudin kini berusia 32 tahun dan tercatat sebagai calon Ketua Umum KNPI termuda. Selain menjadi anggota DPD RI, Sultan juga ketua HIPMI Bengkulu. Beberapa organisasi kepemudaan pernah dan masih dijabatnya. Dia adalah Ketua Parfi Bengkulu, Ketua KONI Bengkulu. Dia juga mantan Ketua KNPI Bengkulu.Sebagai pengusaha, Sultan terbilang sukses. Dia memiliki beberapa perusahaan, seperti perusahaan pembuat tabung LPG, perusahaan yang bergerak di security system dan bahan peledak. Dia juga memiliki bisnis properti dan saham di beberapa perusahaan tambang. 
 (ANTARA)
Editor: Suryanto
========================================
Mantan Ketum HMI Yakin Masuk Putaran II Kongres KNPI
25 Oktober 2011-

Arip Musthopa (Foto: PelitaOnline | Ilyas)
---------------
"Saya sebagai mantan Ketua Umum HMI, di mana HMI pernah menjadi salah satu ibu kandung dari KNPI, punya rasa tanggung jawab untuk mengembalikan KNPI ke nilai strategisnya".
Jakarta, PelitaOnline - MANTAN Ketua Umum PB HMI Arip Musthopa meyakini bahwa dirinya akan mampu bersaing untuk merebut kursi Ketua Umum KNPI. Bahkan, Arip yakin bisa memasuki putaran kedua pada pemilihan yang dijadwalkan Kamis mendatang.Arip mengklaim sudah mengantongsi suara lebih dari 20 persen. Dengan modal itu, kata dia, pintu masuk putaran kedua sudah terbuka. "Prosentase yang pasti sekarang target kita minimal 20 persen suara agar kita lolos di putaran berikutnya. Dan saat ini kita optimis akan melewati target itu," kata Arip Selasa (25/10). Ia juga mengakui bahwa hingga saat ini dukungan dari pemilik suara pada Kongres XIII KNPI ini terus bergulir. "Alhamdulillah, dukungan dari waktu ke waktu mulai dari kemarin sampai dengan sekarang hari kedua perkembangannya bagus. Tiap hari kita ada penambahan OKP maupun DPD yang masuk dalam barisan kita, baik dari kelompok yang berbasis organisasi kemahasiswaan dan pelajar maupun organisasi pemuda dengan latar belakang yang sangat beragam," jelas dia.Untuk memperkuat dukungan, ia mengaku sudah menjajaki kemungkinan koalisi dengan kandidat lainnya. Ia juga mengaku pihaknya sangat terbuka untuk berkoalisi dengan kandidat manapun. Arip juga menyayangkan nasib KNPI saat ini yang dianggapnya sudah tidak punya nilai strategis sama sekali untuk berkontribusi terhadap negeri ini. "Saya sebagai mantan Ketua Umum HMI, di mana HMI pernah menjadi salah satu ibu kandung dari KNPI, punya rasa tanggung jawab untuk mengembalikan KNPI ke nilai strategisnya, sebagai organisasi di mana persatuan bangsa menjadi spirit utama," tandas dia. Sayang sekali, lanjut dia, bila KNPI dengan kesejarahannya, dengan potensi yang dimiliki, dan dengan jaringan seluruh Indonesia tidak bisa membaca persoalan kepemudaan dan permasalahan yang dihadapi generasi muda.
=========================================
Kongres KNPI Kisruh, Peluang Deadlock Makin Besar
25 Oktober 2011-

Kongres KNPI ke 13 (Sumber: satunews.com)
-----------------
“Kalau sampai DPD 2, verifikasinya bagaimana? Bisa-bisa sampai tanggal 28 nggak selesai-selesai,” kata sumber yang enggan disebutkan identitasnya itu.
Jakarta, PelitaOnline – KONGRES XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kisruh. Pada hari kedua, Selasa (25/10) malam, hanya segelintir peserta yang hadir di forum kongres. Akibatnya, hingga saat ini pembacaan tata tertib kongres belum dimulai. Bahkan sumber Pelitaonline menyebutkan, sejak sekitar pukul 19.00 WIB, sidang tidak kunjung dimulai lantaran masih belum selesainya soal verifikasi peserta. Sebagian peserta yang berasal dari DPD tingkat 2 dan sebagian organisasi kepemudaan (OKP) menginginkan agar juga diberi kesempatan mendapatkan hak suara. Menurut Wasekjen DPP KNPI, Anggawira, persoalan yang menyebabkan kongres ricuh adalah soal kepesertaan.  “Kongres sudah kacau. Peserta sudah tidak terkendali. DPD 2 minta suara,” kata Anggawira melalui pesan singkatnya kepada Pelitaonline. Kejadian ini kata dia menunjukkan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng sebagai pelindung kongres, gagal memanfaatkan momentum kongres bersama ini.  “Ada banyak DPD dan OKP yang menginginkan adanya hak suara dari DPD 2, seperti Pemuda Katolik dan Gema Kosgoro,” jelasnya.Sumber Pelitaonline lainnya menyebutkan bahwa chaos-nya kongres ini berpotensi menyebabkan deadlock. Sebab, verifikasi hingga ke DPD tingkat 2 sangat sulit dilakukan.  “Kalau sampai DPD 2,  verifikasinya bagaimana? Bisa-bisa sampai tanggal 28 nggakselesai-selesai,” kata sumber yang enggan disebutkan identitasnya itu.
========================================
Aziz tak Maju di Kongres KNPI
25 Oktober 2011
Azis Syamsuddin.
-------
Penulis : Redaksi, BeritaKawanua
JAKARTA (BK):  Sedikitnya 14 calon siap bertarung merebut Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam kongres ke 14 yang berlangsung dari 24 Oktober-27 Oktober, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta. "Total 14 calon yang mendaftar di steering committee,"kata Wakil Sekjen KNPI SJ Arifin disela-sela Kongres KNPI di Hotel Sahid Jakarta.Ke 14 calon tersebut diantaranya adalah Ahmad Doli Kurnia, Taufan, SJ Arifin, Nusran Joher, Misbach Zaim Haris, Arif Mustofa, Arif Rahman, Sutan Najamudin dan lainnya. "Aziz Syamsudin tidak maju dalam pemilihan KNPI kali ini, kalau saya optimis lolos di putaran pertama,"sebutnya.SJ Arifin mengharapkan kongres kali ini menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk penuntasan dualisme kepemimpinan di dalam KNPI yaitu adanya dua ketua umum yang diklaim Azis Syamsudin dan Ahmad Doli Kurnia. "Formula-formula itu kan harusnya tersusun rapi dalam rekomendasi kongres ini. Misalkan ada formula untuk Musda bersama buat organisasi yang dualisme, Musda bersamanya seperti apa, sejauh ini kan masing-masing pihak mungkin sama kerasnya dengan yang di DPP. Kita memberikan waktu satu tahun untuk menyelesaikan konflik yang ada dengan Musda bersama dengan mengakomodasi perbedaan mereka dalam kontek kebersamaan," jelasnya. "Itu yang harus menjadi rekomendasi, kalau dilepas begitu saja kita khawatirnya daerah-daerah yang dualisme itu tidak memiliki ukuran bagaimana cara menyelesaikan konflik ini,"tambahnya. Menurut SJ Arifin hal itu menjadi concern dirinya dalam kontestasi saat ini. "Kita juga harus memantapkan transformasi kepemudaan kita,"tegasnya.
Lebih lanjut, ia berharap Kongres KNPI kali ini tidak terjadi deadlock. "Kita harapkan pada. 28 Oktober tepat Hari Sumpah Pemuda sudah ada ketua umum KNPI terpilih," pungkasnya.
========================================
Taufan Rotorasiko Janji Pimpin KNPI Satu Periode
25 Oktober 2011-
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kandidat Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia, Taufan E.N. Rotorasiko mengaku, hanya akan memimpin untuk satu periode. Alasannya, ia ingin ada regenerasi kepemimpinan di tubuh KNPI. “Jika saya terpilih menjadi Ketua Umum KNPI, saya akan  meneruskan tradisi founding fathers KNPI selama ini yaitu memegang jabatan satu periode saja,” kata Taufan seperti dikutip dari rilis, Jakarta, Selasa (25/10/2011). Taufan menjelaskan, KNPI menjadi wadah berhimpun pemuda. Karenanya, pemuda Indonesia perlu menempatkan diri sebagai inkubator kepemimpinan pemuda menuju kepemimpinan nasional. Dengan begitu akan lahir calon pemimpin bangsa yang terpandang di pentas internasional. “Ini juga momentum yang tepat bagi kebangkitan pemuda Indonesia di dunia internasional,” ucapnya. Ia mengatakan, kongres persatuan KNPI tahun ini sebagai pijakan keutuhan kembali wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan. “Komunikasi harmonis mesti diwujudkan oleh KNPI dengan organisasi kepemudaan dan antar organisasi kepemudaan, kemahasiswaan dan pelajar di semua lini,” ungkapnya seraya menambahkan, hal ini ditujukan agar pembangunan bangsa dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui iklim yang bersahabat. Ia mengemukakan, pemuda Indonesia harus bangga memiliki tanah kelahiran dengan suku bangsa dan budaya yang beragam. Generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa dapat memanfaatkan pluralisme untuk menjadi sumber kekuatan bangsa. “KNPI adalah wadah berhimpun yang dinamis bagi keberagaman pemuda untuk kekuatan bangsa,” imbuhnya. Lebih lanjut, Taufan menilai, potensi pemuda di daerah khususnya di perdesaan tidak bisa dipandang sebelah mata. Maka dari itu, Taufan akan memberdayakan potensi kepemimpinan pemuda di pedesaan jika dirinya terpilih menjadi Ketua Umum KNPI. “Potensi kepemimpinan pemuda di daerah tidak boleh diremehkan begitu saja. Inilah sebenarnya yang menjadi sumber kekuatan bangsa,” sergahnya.
Penulis : Srihandriatmo Malau
=========================================
Arip Musthopa:
KNPI harus jadi pelayan pemuda
25 Oktober 2011-

Calon Ketua Umum KNPI Arip Musthopa (Istimewa)
--------------------
Jakarta (ANTARA News) - Calon Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Arip Musthopa sudah menyiapkan konsep perubahan agar seluruh pemuda bisa solid dan bersatu untuk bangsa. Karena, KNPI sebagai aset bangsa sudah seharusnya menjadi perekat dan pelayan untuk kesejahteraan pemuda.Arip Musthopa mengemukakan hal itu kepada pers di Jakarta, Selasa.  "Sudah menjadi kewajiban KNPI menjadi pelayan pemuda demi masa depan," ungkap mantan Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.Arip menjelaskan, KNPI harus ditafsirkan secara positif sebagai lembaga yang mampu menjadi pintu masuk pemuda dalam menuangkan ide-ide dan kreativitas tanpa membedakan kelas dan golongan. "Artinya dengan keterbukaan yang ada saat ini maka kami sebagai pemuda harus mempunyai kesadaran untuk kepentingan bangsa dan negara," ujarnya. Sebagai tokoh muda yang dikenal pluralisme dan pernah memimpin PB HMI, Arip menyatakan kalau dirinya sangat paham roh dari perjuangan KNPI. "Jadi tidak benar, kalau saya disebut tidak paham KNPI. Karena, saat saya aktif di HMI dari tingkat komisariat dan cabang hingga memimpin PB HMI, saya paham betul roh dari garis perjuangan KNPI," kata Arip. Menurut dia, ke depan, KNPI harus mampu mengambil peran penting dalam perubahan bangsa. "Perubahan dalam bentuk sosial, politik, ekonomi, hukum dan kesejahteraan secara menyeluruh harus ada di tangan KNPI sebagai wadah pemuda Indonesia," ungkapnya. Seperti diketahui, Arip maju sebagai calon Ketua Umum KNPI karena dorongan dari pengurus KNPI daerah dan organisasi kepemudaan (OKP).  Arip yakin teman-teman OKP dan KNPI mempunyai visi dan misi yang sama dengan dirinya yakni membawa KNPI ke arah yang lebih baik demi kesejahteraan pemuda. "Agar cita-cita kita menjadi kenyataan pemuda harus bersatu. Karena perubahan ini demi kepentingan bangsa dan negara," ucapnya. Dari sekitar 14 calon ketua umum yang akan memimpin KNPI, Arip adalah tokoh muda yang pluralisme dan tidak terseret kepentingan kelompok mana pun. Arip, dinilai menjadi perekat pasca retaknya KNPI. "Saya maju karena dorongan OKP dan KNPI daerah," tambahnya.(*)
Editor: Ruslan Burhani
=========================================
Mantan Sekjen HMI Ramaikan Pemilihan Caketum di Kongres KNPI ke-13
24 Oktober 2011-

Dcentronews - Jakarta
H. Nuzran Joher, S.Ag., M.Si merupakan seorang pemimpin muda yang sangat berpotensi. Dirinya telah teruji kepemimpinannya di level Nasional maupun Internasional. H. Nuzran Joher, S.Ag., M.Si sosok pemimpin muda yang sudah tidak Asing lagi bagi masyarakat Kota Sungai Penuh, kab. Kerinci dan Propinsi Jambi karena dia adalah mantan anggota DPD RI dari Jambi, mantan Sekjen HMI dan sekarang menjabat sebagai staff ahli Ketua DPR RI.Dengan pengalamannya tersebut Nuzran ingin sekali memberikan sumbangsih yang lebih kepada bangsa dan negara melalui Organisasi Kepemudaan (KNPI) yang sebentar lagi akan mengadakan Kongresnya di Jakarta. Nuzran mengungkapkan jika emuda merupakan tulang punggung bangsa, pemuda juga merupakan harapan dan cita-cita negara dalam menciptakan stabilitas kehidupan bernegara yang ideal berdasarkan visi misi bernegara. Pemuda juga merupakan energi bangsa yang sarat dengan segudang kemampuan bangsa untuk menatap masa depan.Oleh karena itu, tidak ada kata yang layak dinobatkan kepada pemuda Indonesia, bahwa masa depan bangsa ialah masa depan pemuda Indonesia. Karena pemuda memiliki arti penting, strategis, dan fundamental dalam tanggungjawab kemajuan bangsa.Praktik politik distrosif, manipulatif, paradoks, dan kian menjamurnya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme di kalangan politisi muda hampir tidak dapat dibendungi lagi. Politisi muda Indonesia telah kehilangan elan vital nasionalisme. Pemuda Indonesia cendrung memilih arena politik abu-abu atau sekurang-kurangnya menjadi operator politik generasi tua dan melupakan habibatnya sebagai calon pemimpin bangsa. Sehingga kecendrungan untuk memilih yang teknis pragmatis menjadi prioritas, dan mengabaikan pengabdian melalui instrumen organisasi.Gejala penyimpangan moralitas dalam wujud penggunaan narkotika, obat-obat terlarang, penyimpangan asusila, pelanggaran kemanusiaan, serta berbagai model dan adegan konflik politik yang melibatkan kalangan pemuda Indonesia pada masa sekarang ini seakan-akan menjadi ancaman yang cukup serius bagi negara dalam mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Praktik penyimpangan politik kekuasaan juga justru semakin menguat di kalangan pemuda Indonesia. "Berangkat dari berbagai keprihatinan itulah yang menginspirasikan saya untuk maju menjadi Ketua Umum DPP KNPI periode 2011-2014 pada Kongres Pemuda yang ke-XIII. Saya bertekad membenahi KNPI beserta elemen-elemen kepemudaan di Indonesia, dan memajukan kualitas tertib keorganisasian kepemudaan",tandas Nuzran. Karena menurut Nuzran, kongres KNPI ke-XIII ini merupakan momentum yang sangat strategis dan memiliki pesan moralitas kepemimpinan kepemudaan yang cukup kuat setelah melewati masa-masa kritis. Gagasan mewujudkan Kongres yang istimewa ini merupakan tuntutan demokratisasi kepemimpinan di kalangan organisasi kepemudaan. "Kongres KNPI ke-XIII adalah momentum yang berharga bagi semua kalangan pemuda untuk membangun kembali puing-puing kepemimpinan kultural dalam kerangka kebangsaan dan ke-Indonesia setelah sekian tahun diderah krisis politik yang menjurus pada kepentingan parsialitas", tutup Nuzran.
========================================
Resmi Daftarkan Diri, Sahrin Hamid Didampingi GPI, IMM, GMNI dan Srikandi Harapan
23 Oktober 2011-

Laporan: Ihsan Dalimunthe
RMOL. Sahrin Hamid resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2011-2014. Sahrin tiba di gedung KNPI yang terletak di jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada pukul 17.10 WIB untuk mengembalikan berkas formulir dan persyaratan untuk maju pada kongres yang akan digelar besok, 24-28 Oktober di Jakarta. Mengenakan peci hitam dan jas biru kebanggaan KNPI, Sahrin tampak berjalan dengan yakin memasuki ruang pendaftaran. Mantan Ketua Umum BM (Barisan Muda) Penegak Amanat Nasional ini didampingi pengurus beberapa organisasi kepemudaan, di antaranya Gerakan Pemuda Islam, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Mahasiswa Pancasila. Tak hanya itu dan ini yang tampaknya menarik perhatian sementara orang, yang ikut menyaksikan prosesi pendaftaran mantan anggota Komisi III DPR itu, Sahrin juga dikawal sejumlah wanita cantik yang mengaku sebagai Srikandi Harapan. Sambil berjalan, para pendukung Sahrin meneriakkan yel-yel, "SH (Sahrin Hamid) yes, SH Yes." Prosesi pendaftaran diawali dengan penyerahan berkas pengajuan calon Ketum KNPI oleh pentolan GMNI. Setelah penyerahan berkas dan pendaftaran selesai, Sahrin pun mendeklarasikan diri. Pada saat yang sama dia menyatakan kesiapan untuk mengemban amanah dari OKP-OKP yang mempercayakannya maju pada kongres KNPI. [zul]
=========================================
Sahrin Hamid Berjanji Jadikan KNPI sebagai Rumah Besar Pemuda Indonesia
23 Oktober 2011-

Laporan: Zulhidayat Siregar
RMOL. Komite Nasional Pemuda Indonesia merupakan wadah berhimpun para pemuda Indonesia yang memiliki berbagai latar belakang. Mulai dari latar belakang ideologi, agama, daerah, maupun latar belakang partai politik. Peneguhan dan penguatan KNPI sebagai wadah berhimpun inilah menjadi salah satu misi besar mantan Ketua Umum Penggerak Amanat Nasional, Sahrin Hamid, yang ia sebut KNPI sebagai Rumah Pemuda Indonesia. Makanya, semua organisasi kepemudaan yang beragam latar belakang itu akan diakomodir ke dalam tubuh KNPI. "Rumah Pemuda Indonesia itu menggambarkan bahwa di rumah itu nanti ada kamar-kamar. Misalnya, ada kamar Pemuda NU, Pemuda Muhammadiyah, Alwashliyah, kamar Pemuda Katolik," kata Sahrin yang hari ini akan mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum KNPI periode 2011-2014. Kamar-kamar yang ada di rumah bersama itu menunjukkan adanya ruang privasi di dalam setiap organisasi kepemudaaan. Karena itu, lanjut Sahrin, KNPI akan tetap menghormati ruang privasi masing-masing OKP. Setiap OKP dipersilakan untuk menjalankan setiap kegiatannya masing-masing. "Tapi dalam konteks Rumah Besar Pemuda Indonesia, tentunya, walaupun ada perbedaan dan dinamika tapi menjaga hubungan satu sama lain. Karena itu tetap harmonis," ungkap Sahrin kepada Rakyat Merdeka Online (Minggu, 23/10). Pengakuan dan pengakomodiran setiap OKP dengan berbagai latar belakang itu penting. Karena hal itu dengan sendirinya sama saja dengan mengakui potensi dan eksistensi kelompok masyarakat beragam, yang memang sudah menjadi realitas bangsa Indonesia. "Kita berharap ini menjadi semacam karakter untuk hidup bersama, menjunjung tradisi pluralisme. Dengan demikian KNPI nantinya itu sebagai rumah menggodok orang agar memiliki kesadaran perbedaan, tapi tetap hidup dalam situasi yang harmonis," imbuhnya.Menurut Sahrin, untuk mempersatukan para pemuda Indonesia yang terdiri beragam latar belakang itu, mutlak dilakukan peneguhan dan penguatan pilar-pilar dan dasar-dasar negara."Menjadikan KNPI Rumah Besar Pemuda Indonesia itu fondasinya adalah, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, (KNPI) bermodalkan sejarah pemuda Indonesia dari 28 (Sumpah Pemuda), 45 (kemerdekaan Indonesia) dan 98 (reformasi). Dan (KNPI) beratapkan bendera Merah Putih," beber mantan anggota Komisi III DPR ini.Karena itu, Sahrin mengidealkan KNPI akan menjadi tempat penggodokan jiwa dan karakter para pemuda Indonesia. "Ketika pemuda Indonesia masuk (KNPI) maka disitulah jiwa dan karakter kebangsaannya digodok, ditempa, dan dibina. (KNPI) akan menjadi kawah candradimuka pembinaan kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Akhirnya KNPI nanti seperti yang diandaikan Bung Karno, keragaman itu bagaikan taman sari yang beraneka ragam warna bunganya namun tampak terpandang indah," demikian Sahrin. [zul]
=========================================
Arip Musthopa daftar calon ketum KNPI
23 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) - Mantan ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Arip Musthopa secara resmi mendaftar sebagai calon ketua umum (ketum) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di Jakarta, Minggu malam. Arip Musthopa saat datang ke Gedung KNPI di Kuningan, Jakarta Selatan tersebut dikawal oleh sejumlah pengurus KNPI dan ormas kepemudaan.Dia mengatakan, pihaknya maju sebagai ketum KNPI karena adanya dorongan dari kaum muda seperti pengurus DPP KNPI dan ormas kepemudaan. "Semangat kami dan teman-teman adalah perubahan," katanya.Menurut Arip, KNPI ke depan,  harus memegang teguh dan semangat persatuan. "KNPI juga wajib menjadi pelayan pemuda dan pemersatu bangsa. KNPI harus selalu bersuara demi kemajuan Indonesia di masa depan," ujarnya."Sebagai aset bangsa KNPI bisa menjadi pemersatu pemuda. Saya maju membawa konsep perubahan dengan warna yang berbeda untuk kemajuan pemuda," katanya. Ketika berapa suara yang sudah dikantongi, Arip enggan menyebutkan. "Saat ini banyak pengurus KNPI di daerah dan ormas pemuda yang menginginkan perubahan dan siap bergabung dengan dirinya," pungkasnya.(*)
Editor: Ruslan Burhani
=========================================
Wasekjen KNPI maju sebagai kandidat Ketum
22 Oktober 2011-
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Anggawira, yang juga Ketua Kompartemen Hubungan Lembaga BPP HIPMI mendapat dukungan  untuk maju sebagai calon Ketua Umum (Ketum) KNPI pada ongresnya 25 Oktober mendatang. Anggawira yang diidampingi pendukungnya dari beberapa ormas kepemudaan dan tim sukses,  telah menyerahkan formulir pendaftaran untuk maju dalam bursa kandidat Ketum DPP KNPI 2011-2014 di Gedung DPP KNPI, Kuningan, Jaksel. "Saya maju karena dorongan teman-teman ormas pemuda dan KNPI dari daerah. Komitmen saya maju untuk menyatukan pemuda," kata Anggawira kepada pers di Jakarta, Sabtu. Dia mengharapkan,  agar Kongres KNPI menerapkan UU Kepemudaan. "Siapa lagi yang akan menjalankan UU Kepemudaan kalau bukan kita yang menjalankan. Saya harap pemerintah juga konsisten menerapkan UU Kepemudaan ini," ujarnya. Menurut Anggawira,  KNPI harus menjadi wadah alternatif perjuangan pemuda. "KNPI harus berperan memajukan bangsa ini, karena pemuda adalah penerus bangsa," katanya. Seperti diberitakan UU Kepemudaan menyebutkan, yang layak dianggap pemuda adalah umur 16 sampai 30 tahun. UU ini berlaku bagi semua orams kepemudaan. Sementara ini Anggawira sendiri sudah mengantongi dukungan belasan ormas dan KNPI dari berbagai daerah. "Jika saya terpilih, amanah ini akan saya jalankan dengan baik demi kebaikan pemuda," demikian katanya.(*)
Editor: Ruslan Burhani