Senin, 27 April 2015

27 April 2015

Sejumlah OKP Tentang Agenda Pelantikan DPP KNPI
Kurnia Illahi
Senin,  27 April 2015  -  21:32 WIB
JAKARTA - Barisan Muda Damai Sejahtera (BMDS) mewakili para pemegang saham/pimpinan OKP tingkat nasional menolak agenda pelantikan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). BMDS juga meminta kepada menteri terkait, dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tidak menghadiri agenda pelantikan tersebut. Samuel F. Silaen mengaku dari BMDS menilai pemimpin dan penanggung jawab Kongres ke XIV KNPI yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Cenderawasih Jayapura Papua, beberapa waktu lalu telah gagal melaksanakan tugas dan konstitusinya. Menurutnya, para pemimpin OKP punya kewajiban untuk memperingatkan pimpinan kongres agar sekecil apapun dugaan terhadap pelanggaran konstitusi segera diluruskan melalui saluran yang benar dan bermartabat. Apalagi, kata dia, Syafaat selaku pemimpin kongres telah memberikan pernyataan bahwa apabila hasil kongres tidak sesuai konstitusi maka pihaknya tidak akan menandatangani keputusan kongres terkait hasil kerja tim formatur.  Jika mereka memaksa maka pimpinan kongres akan menggelar konferensi pers dan menyatakan bahwa pelantikan itu tidak sah karena melanggar konstitusi. "Pernyataan bung Syafaat secara normatif dapat dipahami tapi dalam rangka pencegahan pelanggaran konstitusi tidak bisa diterima," tegas Samuel dalam siaran persnya secara terulis, Senin (27/4/2015). Dirinya menyampaikan, memiliki bukti awal pelanggaran berupa pengakuan secara tertulis dari Siradjudin sebagai sekjen. Padahal, hasil formatur belum diserahkan atau disahkan pemimpin kongres. "Sehubungan dengan pimpinan kongres tetap pada pendiriannya untuk menunggu pelantikan maka kami para pimpinan OKP sebagai pemilik sah KNPI memandang perlu dan penting segera mengambil langkah-langkah saluran konstitusi guna mencegah terjadinya pelanggaran konstitusi," cetusnya. Dalam keterangan pers itu disebutkan, para pemimpin OKP tingkat nasional yang hadir dalam acara silaturahmi tersebut di antaranya DPP GM Kosgoro, PB IPPI, PP GPK, DPP AMDI, Mabes PPM, DPP Pemuda Islam, DPP Gapura, DPN Pemuda Koperasi, Pemuda Alkhairat, DPP IPTI, Sabil GEMURA, Parindra, BMP, BM Pembaruan, DPP JPPRI,  Garuda Mas, dan DPP Garda Nusantara.
(kur). sumber, http://nasional.sindonews.com/read/994521/12/sejumlah-okp-tentang-agenda-pelantikan-dpp-knpi-1430141886
================

Dicatut terkait KNPI, Pemuda Muhammadiyah Kecam Samuel F. Silaen
Senin, 27 April 2015 , 20:45:00 WIB
Laporan: Zulhidayat Siregar

ANDI IRAWAN (TENGAH) DALAM SEBUAH AKSI DI BUNDARAN HI
-------
RMOL. Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah tidak pernah mengutus perwakilan untuk ikut dalam pertemuan Pimpinan Kongres/Presidium sidang Kongres XIV KNPI bersama 50 perwakilan OKP nasional pada Jumat (24/4) lalu.
Demikian ditegaskan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Andi Irawan, dalam siaran pers yang diterima sesaat lalu (Senin, 27/4). (Baca: Pimpinan OKP Minta Menpora Tidak Hadiri Pelantikan Rifai Darus Cs)
Karena itu, Andi Irawan mengecam Samuel F. Silaen dari Barisan Muda Damai Sejahtera (BMDS) karena dalam rilisnya mencatut nama Pemuda Muhammadiyah ikut dalam pertemuan yang merekomendasikan agar Menpora Imam Nahrawi tidak menghadiri pelantikan DPP KNPI Rifai Darus tersebut. "Kami menyesalkan pernyataan Samuel yang mencatut Pemuda Muhammadiyah. Kami meminta saudara Samuel meminta maaf. Bila tidak, kami akan melakukan hal-hal yang kami anggap perlu," tegasnya. "Justru, kami menyesalkan model-model polemik yang dilakukan tersebut. Kongres KNPI sudah berlangsung dan menghasilkan Ketua Umum baru Saudara Rifai Darus, ya pihak yang kalah hormati dong, proses demokrasi tersebut tidak perlu berpolemik dan bermanuver macam-macam yang tidak produktif, kawal dan dukung kepemimpinan KNPI yang baru, jangan malah sibuk menciptakan konflik," sambung Andi. Dia mengimbau agar Menteri Imam Nahrawi tidak terpancing dan terprovokasi dengan pernyataan Samuel tersebut. "(Manuver Samuel) justru merusak citra OKP," demikian Andi, yang juga Komandan Korps Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam). [zul]
SUMBER, http://www.rmol.co/read/2015/04/27/200638/Dicatut-terkait-KNPI,-Pemuda-Muhammadiyah-Kecam-Samuel-F.-Silaen-